1. kelompok organisasi yang membeli produk dan jasa untuk dijual kembali atau diproses menjadi produk lain yang akan dijual adalah...
a. pasar konsumen c. pasar industrial*
b. pasar abstrak d. pasar individual
2. yang bukan merupakan unsur dari pasar organisasional adalah...
a. pedagang c. produsen
b. lembaga profit* d. pemerintah
3. sifat-sifat pembelian barang pada pasar industrial, kecuali...
a. kontinyu c. pembelian secara formal
b. timbal balik d. non dependen*
4. dibawah ini bukan termasuk sifat umum organisasi pembelian adalah...
a. tidak berisifat turunan* c. berpengalaman
b. professional d. rasional
5. dibawah ini bukan termasuk sifat umum organisasi pembelian...
a. elastik c. bersifat turunan*
b.inelastik untuk untuk organisasi individual d. tidak derifat terhadap produk lain
6. pemusatan lokasi perusahaan umumnya tidak terkonsentrasi pada wilayah...
a. perkantoran c. non industri*
b. perdagangan d. industri
7. aspek yang berpengaruh terhadap perilaku pembelian industrial adalah...
a. personal* c. hubungan interpersonal
b. interorganisasi d hubungan intraorganisasi
8. faktor-faktor yang mempengaruhi prilaku pembelian pasar industrial antara lain, kecuali...
a. intra individu* c. lingkungan organisasi
b. individual d. intra organisasi
9. berikut ini adalah proses pembelian yang benar...
a. identifikasi – informasi internal – informas eksternal – evaluasi keputusan – analisis informasi – keputusan
b. identifikasi – informasi internal – informasi eksternal – analisis iformasi – keputusan – evaluasi keputusan*
c. identifikasi – informasi eksternal - informasi internal – analisis – keputusan – evaluasi keputusan
d. identifikasi – informasi internal – informasi eksternal – analisis – evaluasi keputsan - keputusan
10. yang tidak termasuk ke dalam faktor lingkungan organisasi adalah...
a. tingkat penawaran* c. situasi ekonomi
b. tingkat permintaan d. biaya modal
11. yang tidak termasuk kedalam faktor intra organisasi adalah...
a. prosedur c. income*
b. pertumbuhan d. survival
12. yang termasuk kedalam faktor inter organisasi adalah...
a. investor* c. inovasi
b. edukasi d. sistem
13. yang termasuk kedalam faktor individual adalah...
a. jabatan c. income*
b. relasi d. persuasi
14. perilaku pembeli organisasional dapat dibedakan berdasarkan situasi pembelian yang dialami produsen kecuali...
a. pembelian baru c. straight rebuy
b pembelian ulang d. modified resell*
15. dibawah ini merupakan tipe perilaku pembelian industrial new task adalah...
a. waktu yang diperlukan sedikit c. pengaruh yang kompleks banyak*
b. kebutuhan informasi sedang d. kajian kembali pemasok tidak ada
16. merupakan tipe perilaku pembelian industrial modified rebuy...
a. kebutuhan informasi banyak c. waktu yang diperlukan sedikit
b. kajian kembali pemasok tidak ada d. pengaruh yang kompleks beberapa*
17. merupakan tipe perilaku pembelian industrial straight rebuy...
a. pengaruh yang kompleks banyak c. waktu yang diperlukan sedikit
b. kebutuhan informasi banyak d. kajian kembali pemasok tidak ada*
18. pembelian ulang rutin disebut juga...
a. modified rebuy c. new task buying
b. straight rebuy* d. new straight buying
19. pembelian yang dilakukan untuk pertama kalinya disebut...
a. new task buying* c. new straight buying
b. new modified rebuy d. straight rebuy
20. pembelian ulang atas kegiatan yang pernah dilakukan sebelumnya disebut juga...
a. straight rebuy c. modified rebuy*
b. task rebuy d. new modified rebuy
21. berikut ini bukan termasuk karakter pasar industrial...
a. jangka panjang c. non periodik*
b. kontinyu d. formal
22. peran -peran pelaku dalam proses pembelian organisasional kecuali...
a. users c. influencers
b. gate keepers d. initiator*
23. yang tdak diusulkan dalam pembelian pada user antara lain...
a. merk* c. spesifikasi
b. jumlah d. jenis barang
24. peran yang membantu usulan pembelian pada spesifikasi teknis adalah...
a. influencers* c. decider
b. initiator d. buyers
25. fungsi khusus dari peran buyer kecuali...
a. memilih c. melakukan distribusi*
b. menentukan d. melakukan transaksi
26. langkah prosedural pembelian industrial antara lain kecuali...
a. penentuan kebutuhan c. pengamblan keputusan
b. penentuan informasi* d. pengumpulan informasi
27. informasi dari luar tdak menjelaskan tentang...
a. waktu* c. proposal
b. produk d. kualifikasi pemasok
28. yang diidentifikasi dalam penentuan kebutuhan adalah...
a. sample c. proposal barang yang diminta
b. kualifikasi produsen. d. waktu yang diperlukan*
29. bukan merupakan kualifikasi pemasok...
a. keprcayaan c. keahlian
b. kemampuan d. inspeksi*
30. merupakan usaha identifikasi persoalan dalam proes pembelian industrial...
a. penentuan kebutuhan* c. evaluasi kebutuhan
b. pengmpulan informasi d. pengambila keputusan
31. pegumpulan informasi produk dilakukan secara...
a. bertahap c. sample
b. sebagian d. menyeluruh*
32. untuk lebih meyakinkan deskipsi perlu dilengkapi dengan...
a. spesifikasi c. sertifikat dan garansi*
b. merk d. kegunaan
33. setelah informasi yang diperoleh cukup maka selanjutnya dilakukan...
a. pengambilan keputusan* c. evaluasi pembelian
b. analisa informasi d. pelaksanaan pebelian
34. setelah keputusan diambil maka hal selanjutnya yang dilakukan adalah...
a. evaluasi c. evaluasi pembelian
b. pelaksanaan pembelian* d. penentuan pembelian
35. para pedagang yang akan membeli barang untuk dijual kembali adalah pengertian dari..
a. pasar produsen c. seller market
b. pasar pemasok d. buyer market*
36. jenis produk yang dibeli para pedagang adalah...
a. barang konsumsi c. barang dagang*
b. barang prduksi d. barang pasokan
37. pilihan barang yang dibeli sebenarnya adalah...
a. pilihan konsumen* c. pilihan pedagang
b. kehendak pedagang d. kehendak pemasok
38. jenis ragam produk yang dibeli dapat dibedakan kecuali...
a. ragam lebar dan dalam c. ragam lebar dan sedang*
b. ragam tipis dan dalam d. ragam tipis dan dalam
39. ragam yang bertujuan untuk menciptakan kondisi one – stop shopping
a. ragam lebar dan dalam* c. ragam lebar dan dangkal
b. ragam tipis dan sedang d. ragam tipis dan dalam
40. organisasi pembelian tidak mungkin bersifat...
a. informal c. tersentralisir
b. formal* d. terdesentralisir
41. karakter organisasi pembelian yang tesentralisir adalah...
a. lamban* c. kurang terkendali
b. adaptif d. potongan harga rendah
42. organisasi pembelian yang terpisah memiliki dampak...
a. berpeluang konflik dengan bagian pemasokan
b. berpeluang konflik dengan bagian penjualan*
c. tidak terspesialisasi
d. jauh dengan konsumen
43. bagi perusahaan perakitan mobil, maka sifat permintaan individual terhadap ban mobil secara umumnya adalah...
a. inelastik* c. rasional
b. derivatif d. elastik
44. pasar industrial akan selalu membeli:
a. barang industrial* c. barang konsumen
b. barang produsen d. bukan keduanya
45. permintaan terhadap ban terpengaruh oleh penjualan mobil adalah sifat permintaan yang...
a. derivatif* c. elastik
b. inelastik d. rasional
46. strata tertinggi partisipan pada pasar pemerintah adalah...
a. pemerintah pusat* c. pemerintah tingkat dua
b. pemerintah tingkat satu d. pemerintah daerah
47. prosedur pembelian pasar pemerintah umumnya dilakukan secara...
a. langsung c. tidak tertulis
b. lelang* d. monopoli
48. pengaruh operator mesin terhadap keputusan pembelian yang banyak merupakan pengaruh...
a. decider c. user*
b. gate keeper d. buyer
49. perusahaan yang ingin mengembangkan kesetiaan merk (brand loyalty) akan melakuka strategi...
a. lebar dan dangkal* c. tipis dan dalam
b. lebar dan dalam d. tipis dan dangkal
50. kontrak antara pemerintah dan pemasok disepakati dengan cara...
a. perjanjian tertulis* c. perjanjinan perjanjian tidak tertulis
b. perjanjian terikat d. perjanjian tidak terikat
kunci jawaban:
1.C 11.C 21.C 31.D 41.A
2.B 12.A 22.D 32.C 42.B
3.D 13.C 23.A 33.A 43.A
4.A 14.D 24.A 34.B 44.A
5.C 15.C 25.C 35.D 45.A
6.C 16.D 26.B 36.C 46.A
7.A 17.D 27.A 37.A 47.B
8.A 18.B 28.D 38.C 48.C
9.B 19.A 29.D 39.A 49.A
10.A 20.C 30.A 40.B 50.A
0 comments:
Posting Komentar