Senin, 03 Oktober 2011

JENIS-JENIS KOPERASI

Berdasarkan atas Jenis Usaha

Koperasi Konsumsi
   Koperasi Konsumsi merupakan koperasi yang usahanya mencakup persediaan kebutuhan barang pokok yang disediakan untuk anggota-anggotanya. Kebutuhan terseut meliputi kebutuhan sembilan bahan pokok, bahan-bahan kebutuhan dapur, dan kebutuhan pokok lainnya.
 
Koperasi Kredit (Simpan Pinjam)
   Koperasi Kredit atau yang banyak dikenal masyarakat luas sebagai koperasi simpan pinjam adalah jenis koperasi yang usahanya mengumpulkan modal yang didapat dari para anggota dimana modal yang didapat diperuntukan kepada anggota-anggotanya tersebut dengan cara pengajuan pinjaman kepada koperasi. Bentuk pengkreditan atau pinjaman yang ada di koperasi memiliki keuntungan-keuntungan yang antara lain adalah :
Bunga pinjaman yang rendah sehingga tidak membebani anggotanya
Pengembalian pinjaman dapat dilakukan melalui angsuran ringan
Bunga pinjaman yang diperoleh akan kembali kepada para anggotanya melalui bagi hasil

Koperasi Produksi
   Koperasi Produksi adalah koperasi yang membantu usaha para anggotanya atau malah koperasi tersebut yang melakukan usaha dengan modal dari iuran para anggotanya. Koperasi Produksi hadir untuk membantu kesulitan-kesulitan yang hinggap ditengah-tengah anggotanya yang sedang mengembangkan usahanya. Solusi-solusi yang diambil untuk menyelesaikan masalah-masalah usaha yang dihadapi pun merupakan kesepakatan ide yang dibuat oleh anggota-anggotanya. Koperasi Produksi biasanya menyediakan bahan baku, alat-alat pertanian/perkebunan, bibit dan pupuk dan lain-lain. Koperasi ini juga sangat membantu para anggotanya dalam menjual hasil-hasil usahanya sehingga anggota-anggotanya tidak sulit untuk menjual hasil-hasil produksi dari usahanya tersebut.

Berdasarkan Keanggotaan

Koperasi Pertanian
   Koperasi ini beranggotakan para petani, buruh tani, dan orang orang yang terlibat dalam usaha pertanian. Koperasi pertanian melakukan kegiatan yang berhubungan dengan pertanian, misalnya penyuluhan pertanian, pengadaan bibit unggul, penyediaan pupuk, obat-obatan dan lain-lainnya.

Koperasi Pensiunan
   Berbeda dengan Koperasi pertanian yang beranggotakan para petani, anggota Koperasi pensiunan berisikan para pensiunan pegawai negeri. Koperasi ini bertujuan meningkatkan kesejahteraan para pensiunan dan menyediakan kebutuhan para pensiunan. 
Koperasi Pegawai Negeri
   Berbeda dengan sebelum-sebelumnya. Koperasi ini beranggotakan para pegawai negeri. Koperasi ini didirikan untuk meningkatkan kesejahteraan para pegawai negeri.

Koperasi Sekolah
    Koperasi ini beranggotakan para warga satu sekolah. Koperasi sekolah menyediakan kebutuhan warga sekolah, misalnya buku tulis, pena, penggaris, pensil, dan masih banyak yang lainnya. Koperasi sekolah diusahakan dan diurus oleh siswa. Di samping menyediakan kebutuhan sekolah, koperasi sekolah juga merupakan tempat untuk latihan berorganisasi, latihan bekerja sama, latihan bertanggung jawab, dan latihan mengenal lingkungan.

Koperasi Unit Desa
    Koperasi Unit Desa beranggotakan masyarakat pedesaaan. KUD melakukan kegiatan usaha di dalam bidang ekonomi. Beberapa usaha KUD, misalnya :
a. Menyalurkan sarana produksi pertanian seperti pupuk, obat-obatan, alat-alat pertanian, dan lain-lain.
b. Memberikan penyuluhan teknis bersama dengan petuga penyuluh lapangan kepada para petani.
Di tingkat kabupaten dan provinsi terdapat Pusat Koperasi Unit Desa (PUSKUD) yang bertugas memberikan bimbingan kepada KUD-KUD. Di tingkat pusat terdapat Induk Koperasi Unit Desa (INKUD) yang bertugas memberikan bimbingan kepada PUSKUD di seluruh Indonesia.


0 comments:

Posting Komentar