Kalimat efektif adalah kalimat yang secara tepat dapat mewakili gagasan atau perasaan pembicara atau penulis dan sanggup menimbulkan gagasan yang sama tepatnya di dalam pikiran pendengar atau pembaca seperti yang dipikirkan oleh pembicara atau penulis.
SYARAT KALIMAT EFEKTIF :
a.    Bentukan kata harus sesuai EYD
b.    Struktur kalimat tepat
c.    Kesejajaran
d.    Kontaminasi
e.    Pleonasme
f.    Menggunakan kata baku
g.    Kelogisan
h.    Selalu menggunakan EYD
contoh paragraf kalimat efektif:
  Cuaca ekstrem yang terjadi akhir-akhir ini acap kali menimbulkan penyakit flu. Akibat kurang daya tahan tubuh atau pada saat daya tahan tubuh menurun, gejala flu dapat menyerang seseorang. Kelelahan dan kurang istirahat dapat menurunkan daya tahan tubuh.

Kalimat tidak Efektif

Harga minyak dunia yang mencapai hampir $70 AS per barel akan dapat memaksa pemerintah untuk berusaha menyediakan dana untuk subsidi BBM yang sebesar Rp113,7 triliun. Karena para pemakai BBM paling terbanyak adalah golongan menengah atas, berarti pemerintah menguras APBN justru untuk menyubsidi mereka, sementara rakyat miskin tidak mendapat apa-apa. Oleh karena itulah pemerintah berusaha menghemat pengeluaran untuk subsidi BBM, dan hasil dari penghematan itu akan didistribusikan kepada 15,5 juta keluarga miskin dalam bentuk uang tunai langsung sebesar Rp 100.000,00 per bulan selama satu tahun.

1 comments:

Anonim mengatakan...

teman, Yuk kita ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi Desember2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang untuk setiap kategori. link
http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755

Posting Komentar